Okezine - Template
Internet dan Modem
Internet (kependekan dari interconnection-networking) secara harfiah ialah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Disini kita akan membahas hardware pendukung internet.
Okezine - Template
KEHIDUPAN SMAKU DIMULAI DARI SINI
Disinilah tempat kami menempuh pendidikan selama 3 tahun, dimana tempat ini penuh dengan romansa muda dan lahirnya karya masterpiece anak bangsa
Okezine - Template
JUDUL POSTINGAN KAMU
DESKRIPSI DARI POSTINGAN KAMU
..
Prev 1 2 3 Next

Rabu, 05 September 2012

Pilih Volume Based, Time Based atau Unlimited Access ? bagian 1

Nah, kali ini sebagai tulisan lanjutan, kami akan memberikan beberapa pertimbangan sebelum memutuskan untuk memilih menggunakan Volume Based, Time Based, Paket Limited atau Unlimited. Agar tulisan ini tak terlalu panjang nantinya, dengan terpaksa saya pecah menjadi 2 bagian. Silahkan dibaca.


Sebagai awal ada baiknya kita mulai berangan-angan, akan digunakan untuk apa saja akses internetnya kelak ? Silahkan list daftar kebutuhan Anda, dari yang paling penting, yang rutin bakalan diakses hingga yang rentang waktunya hanya sesekali saja.

Bagi seorang pemula sistem Pra Bayar bisa dipilih sebagai pertimbangan awal. Degan alasan barangkali saja pada satu titik waktu tertentu aktifitas internet itu bisa jadi bukan merupakan satu kebutuhan yang mendasar untuk setiap bulannya. Hanya saat diperlukan saja. Masih ingat yang mana saja termasuk sistem Pra Bayar dalam tulisan saya sebelumnya ? Yup, Volume Based dan Time Based.
PRa Bayar
Sepengalaman kami menggunakan kedua paket tersebut adalah bilamana aktifitas yang kelak bakalan dilakukan hanya sebatas browsing, email berkirim kabar, chatting via text, ng-blog dengan tulisan dan gambar low resolution, sesekali melakukan updating database antivirus, saya menyarankan untuk memilih paket Volume Based.

Sedangkan apabila aktifitas yang kelak bakalan dilakukan berkaitan dengan video streaming meliputi donlot video, menonton video, akses peta (map) Google Earth, Chatting dengan WebCam, hingga berkirim email dengan file sisipan yang besar plus melakukan donlot aplikasi dan hal-hal tak terduga lainnya, saya menyarankan untuk memilih paket Time Based. Kenapa ?

Karena untuk perhitungan Volume Based, seperti yang kami katakan dalam tulisan sebelumnya, cara penghitungan paket Volume Based adalah berdasarkan jumlah volume data yang dihabiskan, mencakup download dan upload (send and receive) dimana semakin besar data yang digunakan, maka semakin banyak pula yang harus kita bayar.
Makanya seperti yang saya katakan diatas, jika aktifitas yang kelak dilakukan merupakan aktifitas akses internet golongan pemula (ringan), aktifitas tersebut tidak akan membutuhkan volume data yang besar setiap jam penggunaannya.
Kalo dulu pernah saya hitung, untuk satu-dua jam pemakaian setiap harinya saya bisa menghabiskan 2 MB sampai 5 MB dengan penggunaan ringan seperti yang saya sebutkan diatas. Itupun tidak sepenuhnya saya gunakan, tapi sempat saya tinggal pergi untuk melakukan aktifitas lainnya.  Jadi bisa dikatakan dengan penggunaan akses internet kategori ringan, tarif volume based akan jauh lebih leluasa, ketimbang Time Based.

Sebagai contoh kami berikan satu ilustrasi berikut ini. Untuk mendownload satu album MP3 (ost Godfather part I) yang berukuran 50 MB saya memerlukan waktu download kurang dari satu jam. Apabila saya menggunakan tarif koneksi Volume Base, untuk aktifitas tersebut dengan menggunakan kartu IM3/Starone  Indosat bisa dikenakan biaya sekitar Rp. 50.000,00 karena tarif data yang dikenakan adalah sebesar Rp. 1,00 per kilobytesnya (Kb) atau Rp. 1.000,00 per megabytesnya (MB).  Bandingkan apabila saya menggunakan tarif koneksi Time Based, hanya dikenakan biaya kurang dari Rp. 4.500,00.

Ilustrasi kedua, untuk sebuah aktifitas chatting selama dua jam saya hanya menghabiskan volume sebesar 2 MB saja. Apabila saya menggunakan tarif koneksi Volume Base, untuk aktifitas tersebut dengan menggunakan kartu yang sama bisa dikenakan biaya sekitar Rp. 2.000,00 sedangkan apabila saya menggunakan tarif koneksi Time Based, dikenakan biaya sekitar Rp. 9.000,00.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca salah satu dari entri kami. Saran dan kritik kami terima dengan senang hati, dan jangan lupa budayakan berkritik dengan bahasa yang santun dan benar